Resolusi 2014

Perayaan tahun baru yang dirayakan dengan meriah, foya-foya, dan spektakuer, terkadang tidak menyisakan perubahan berarti dalam hidup ini, hanya menyisakan lelah yang berujung ketidak manfaatan. Janganlah jatuh pada lubang yang sama, itulah pepatah yang cocok untuk hidup ini, kita tidak boleh kembali mengulang kesalahan yang sudah kita ketahui, tapi kita tambal dengan kebaikan-kebaikan yang lebih bermanfaat baik bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Muhasabah ( Evaluasi ) adalah kunci pokok menyambut tahun baru 2014 , sebetulnya muhasabah ini seharusnya dilakukan setiap saat dalam kehidupan ini, tetapi momentum pergantian tahun ini semoga bisa menjadi langkah awal untuk berproses kedalam hal tersebut. Sabda Nabi mengisyaratkan pentingnya muhasabah Dari Syadad bin Aus r.a., dari Rasulullah saw., bahwa beliau berkata, ‘Orang yang pandai adalah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah swt. (HR. Imam Turmudzi, ia berkata, ‘Hadits ini adalah hadits hasan’)

Muhasabah menjadi kunci sukses untuk memperbaiki hidup yang akan datang, kesuksesan itu bisa teralisasi dengan action after evaluation, percuma intinya kita hanya merangkum berbagai recana tetapi tidak di realisasikan.

Maka dari itu, saya secara pribadi telah membuat sebuah catatan muhasabah yang akan menjadi saksi dan pengingat di tahun 2014 . Tetapi tetap hanya Allah lah pengingat yang sempurna.

Kehidupan Akhirat

Pada tahun 2013 banyak kejadian yang mengingatkan diri ini tentang kematian, seolah tersadar, sudahkah saya punya bekal untuk dibawa pulang ke kampung akhirat ?. Tentu jawabannya belum cukup, saya harus terus beramal baik untuk membawa bekal lebih banyak lagi. Kerasnya hati ini, terlalu angkuh menyadari kesalahan diri, hati ini selalu terbenam rasa benar sendiri, muncul rasa sombong akan ilmu, dan senang dengan pujian orang lain . Bagian ini menjadi point evaluasi yang harus saya perbaiki di tahun 2014. Cita-cita yang ingin di capai di tahun baru ini adalah :

  • Memperdalam Ilmu Al-quran (Membaca, Memahami, dan Mengamalkan)
  • Konsisten melaksanakan Shalat Sunnah Tahajud, Dhuha, dan Witir, dan Rawatib.
  • Konsisten melaksanakan Puasa Senin dan Kamis
  • Bersedekah Everyday

Kehidupan Dunia

Proses roda kehidupan di tahun 2013 tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, terkesan saya tidak bisa mengambil suatu pelajaran di setiap detik peristiwa yang pernah dialami. Kelebihan di tahun ini saya mulai berani mengambil resiko untuk mulai mengikuti kompetisi serta membuka bisnis. Perjalanan kulaih pun berjalan mulus, diawal tahun 2013 semester genap alhamdulillah semua nilai matkul yang diambil, bisa sapu bersih nilai A. Tahun yang baru harus disambut dengan penuh semangat dan optimistis. Cita-cita yang ingin dicapai di tahun baru ini :

  • Memperoleh beasiswa pendidikan kuliah
  • Pengembangan bisnis @suka2aromanis
  • Menguasai Bahasa Inggris

Proses perubahan menuju hal yang lebih baik, pasti akan menemui hambatan, selalu ingat pesan Allah SWT sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Tidak ada yang tidak mungkin, asalkan kita yakin bisa, karena Allah Maha Besar , tidak ada yang tidak mungkin bagi-Nya. Kolaborasi doa, ikhtiar, dan tawakal menjadi kunci untuk meraih itu semua. Semoga Allah selalu memberikan perlindungan kepada Hamba dan para pembaca sekalian.

Tagged: , ,

Leave a comment